Berlian biru langka ditemukan di Afrika Selatan

perusahaan tambang petra diamonds mendapatkan berlian biru seberat 25,5 karat dalam afrika selatan. ini jenis berlian amat langka, terlebih pada perhatian sebesar tersebut.

berlian berkualitas juga berukuran seperti ini tak publik beredar di pasar, kata juru bicara petra diamonds, cathy malins, semisal yang dilaporkan bbc.

petra memperoleh berlian tersebut pada tambangnya sendiri, cullinan, yang terletak di timur laut pretoria. cullinan menghasilkan ada batuan besar serta tersohor melalui berliannya yang berwarna biru.

para ahli menaksir berlian tersebut berharga lebih daripada 10 juta dolar serta bisa meningkatkan harga saham petra diamonds.

Informasi Lainnya:

tahun 2012, berlian biru dari cullinan terjual dengan lelang seharga 10,8 juta dolar amerika serikat. itu memecahkan rekor untuk harga per karatnya.

mei 2009, berlian biru kasar sebesar 26,6 karat juga ditemukan perusahaan tersebut. mereka memotong dan membentuknya merupakan jenis yang sempurna. batu tersebut laku pada bawah 10 juta dolar amerika serikat ketika dilelang dalam 'sothebys.

berlian terkenal star of africa pun ditemukan di tambang itu dalam 1905. berliat berbentuk buah pir seberat 530 karat itu diberikan kepada raja edward vii serta adalah pihak daripada perhiasan dan ada di mahkota inggris, dinamakan koh i noor.