Toyota Karawang minim serap lulusan SMK lokal

pt toyota motor manufacturing indonesia kabupaten karawang, jawa barat, baru minim menyerap tenaga kerja dari lulusan sekolah menengah kejuruan lokal sebab keterampilan lulusan smk karawang kurang memenuhi standar perusahaan itu.

pada dasarnya kami berkomitmen memberi kesempatan seluas-luasnya pada alumni smk dan banyak selama karawang. akan tetapi kami mempunyai standar keterampilan yang sudah ditetapkan, papar doddy irawan, section head community relations community development pt toyota motor manufacturing indonesia (tmmin), dalam karawang, selasa.

dikatakannya, walaupun telah dibuka kesempatan yang luas bagi alumni smk dan banyak dalam karawang supaya bergabung selama pt tmmin, masih lumayan minim mereka dan berhasil masuk ke perusahaan tersebut. karena dilihat daripada ketrampilannya, mereka tidak mengikuti standar yang telah ditetapkan.

ia menyontohkan, selama proses perekrutan karyawan pt tmmin 6 april 2013, terdapat 400 pihak dan adalah alumni smk yang ada di karawang. mereka yang registrasi itu adalah lulusan siswa smk pasling baik yang dikirim dengan tiap-tiap sekolah.

Informasi Lainnya:

berdasarkan dengan seleksi perekrutan, papar dia, hasilnya tak menunjukkan hal-hal yang menggembirakan. daripada ratusan audien yang daftar itu, cuma 20 orang yang berhasil diterima untuk karyawan.

prosentasenya berarti amat kecil. kondisi tersebut menunjukkan kualitas studi kejuruan pada karawang baru rendah. padahal, kami harapkan jumlah lulusan smk di karawang dan diterima selama pt tmmin lebih ada, tutur dia.

manager general affair division dapertemen community relation pt tmmin teguh wahyu menungkapkan, proses perekrutan karyawan selama perusahaannya digelar langsung dengan konsultan independen dan memiliki standar. sebab tersebut, pihak perusahaan tidak bisa mengintervensi hasil perekrutan karyawan tersebut.

menurut dia, supaya lebih meningkatkan penyerapan tenaga kerja lulusan smk karawang di pt tmmin, dilaksanakan peningkatan kemampuan kepada para siswa smk dengan situs training serta magang di 3-6 bulan pada perusahaan itu.

training itu serta diberikan terhadap kaum guru sehingga mereka dapat menularkan kemampuannya terhadap siswanya. melalui terlalu diinginkan skill mereka dapat sesuai standar yang ditentukan toyota.

manager head community relations community development pt tmmin yanuarto widi handoko menyatakan, pada tahun ini pt tmmin menerima karyawan masih untuk mengisi tenaga operator sebanyak 2.500 orang.

ia mengakui tenaga operator itu lebih ada berasal dari luar karawang karena dari pihak ketrampilan, mereka lebih unggul.

karena tersebut, ia harapkan agar siswa smk pada karawang bisa menambah ketrampilannya, sehingga ke depan tenaga operator pt tmmin itu bisa diisi kaum alumnni smk karawang.